Infolinks In Text Ads

Info bisnis yang boleh di coba, kalo anda berminat langsung klik di Banner-nya.....Kereta Bisnis PTCpayingclub.com Join boodaq.com Join autopayouts.com Join mailsmoney.net Join sweetptr.com Join richptr.net Join goldcash247.com Join Ocean-Mails.com Join exclusivemails.net Join libertyreservemails.com Join businessmails.biz best way to earn money Join birdmails.com Join Join Join http://www.paidtoclick.com Join maystromails.net Join Join Join Join ippomails.net Join EuroTradeMails
DAFTAR ISI

Senin, 26 April 2010

Ayam Kampung Dewasa - Menghasilkan

Enaknya punya peliharaan ayam kampung kalau sudah mencapai usia dewasa adalah sering bertelur dalam jumlah yang lumayan banyak. Yang kalau di-uangkan alias dijual telur-nya bisa menambah pundi-pundi penghasilan kita. 

Sebutir telor ayam kampung harganya lebih mahal dibanding telur ayam ras atau ayam negeri atau ayam broiler yaitu telur yang kita makan sehari-hari yaitu pada kisaran Rp. 1500 - Rp. 1700 sebutirnya. Sedangkan telur ayam yang kita makan sehari-hari yang kulit luarnya berwarna coklat itu harganya baru pada kisaran Rp. 600 - Rp. 700 per butir-nya.  Dan kemampuan seekor ayam kampung betina bisa bertelor sampai 10 butir setelah kawin dengan pejantan bahkan tanpa dikawinkan pun ayam kampung dapat bertelur, hanya saja telurnya busung alias nggak bisa ditetaskan. Jadi tambahan penghasilan bisa mencapai 15.000 - 17.000 per ekor pada masa bertelur. Tapi ini nggak signifikan karena masih harus dikurangi dengan biaya pakan.

Untuk mendapatkan hasil yang signifikan dan optimal maka harus diupayakan untuk menyiasati pemberian pakan, apakah itu jumlahnya maupun jenisnya. Karena ayam kampung lebih gampang dalam pemberian jenis pakan maka menyiasatinya pun menjadi tidak sulit.  Ayam kampung bisa diberi pakan bermacam-macam seperti pur, dedak, jagung, remahan biskuit atau roti, nasi kering, sisa beras, hasil parutan kelapa, sisa makanan, serangga bahkan rumput pun bisa atau daun muda. Selain pakan yang mudah, ayam kampung juga lebih tahan terhadap penyakit sehingga kemungkinan terjangkit virus flu burung adalah kecil. 

Masa bertelur bisa berselang 3 bulan dan ini bisa diperpendek menjadi 1,5 bulan dengan cara memisahkan anakan dari induknya setelah menetas atau langsung diambil telurnya tanpa ditetaskan sehingga  3 minggu kemudian akan bertelur kembali, kalau punya 10 ekor berarti setiap bulan bisa panen hasil antara 150.000 - 170.000 dengan catatan pakan tidak beli. Meskipun hasilnya tidak begitu besar tapi dapat menambah sumber penghasilan karena memelihara ayam kampung tidak menyita banyak waktu alias sebagai sambilan. Tambahan lagi jika terjadi over populasi sebagian ayam bisa dijual dengan kisaran harga 35.000 - 40.000 per ekor ayam betina sedangkan ayam jantan berkisar antara 50.000- 70.000 rupiah.


  
sedang bertelur sambil mengerami


Pemberian pakan nasi kering campur bekatul atau dedak ditambah sedikit pur(pakan olahan pabrik pakan ternak).


Kandang sederhana


Area pelepasan yang cukup untuk ayam berburu serangga atau merumput


Hasil yang bisa dinikmati langsung ( peCIntaTelur Goreng)



-------------- Semoga bermanfaat ------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Hexadecimal Color Code

Copy kode warna yang anda pilih :